Thursday, 23 March 2023

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MODEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

            Zaman semakin maju yang membuat aspek-aspek dalam kehidupan ikut berubah. Majunya zaman ikut membawa dampak pada pembelajaraan. Pembelajaran yang dulunya hanya berorientasi pada guru (teacher center) kini beralih ke pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Hal ini membuat peran guru dalam proses pembelajaran juga mengalami pergeseran yang dulunya guru memegang kendali penuh dalam pembelajaran sebagai pemberi informasi utama sekarang berkembang sebagai fasilitator sekaligus motivator.

Pemberian motivasi kepada peserta didik sangat penting. Hal ini karena terdapat korelasi antara motivasi dengan hasil belajar siswa. Terdapat korelasi antara motivasi dengan hasil belajar siswa. Menurut Sadirman apabila motivasi belajar tinggi maka prestasi belajar siswa ikut akan meningkat. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Untuk itu, guru harus berupaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan harapan dapat menghasilkan kader pendidikan yang mempunyai prestasi yang maksimal. Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut kreatif membangkitkan motivasi sehingga siswa merasa senang dan pembelajaran menjadi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Berbagai cara yang dapat di tempuh untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa salah satunya adalah penggunaan model dalam pembelajaran. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik hasrat dan keinginan berhasil serta dorongan kebutuhan belajar dan harapan dan cita-cita. Faktor eksternalnya yaitu adanya penghargaan, lingkungan yang kondusif dan kegiatan yang menyenangkan serta menarik. Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada peserta didik yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku.

Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menantang peserta didik untuk belajar bagaimana belajar, dan bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata (Arends & Kilcher, 2010). Pembelajaran berbasis masalah meliputi pengajuan pertanyaan atau masalah, memusatkan pada keterkaitan antar disiplin, penyelidikan asli/autentik, kerjasama dan menghasilkan karya serta peragaan.

Penggunaan model dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor ekstrinsik yang dapat menumbuhkan motivasi dalam diri siswa. Hal ini terbukti dari hasil penelitian ilmiah Pemanfaatan Model PBL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Panawangan. Bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Panawangan.

Sumber : https://pantura.tribunnews.com/

Read more: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MODEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGGUNAAN...

PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

Sejarah merubah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia yang benar-benar terjadi di masa lampau. (Rini Mardikaningsih, 2016). Pembelajaran sejarah merupakan salah satu sarana strategis dalam pewarisan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi muda yaitu peserta didik, atau dapat dikatakan bahwa sejarah memiliki fungsi untuk membangun mental peserta didik sebagai generasi bangsa.

Pembelajaran sejarah diharapkan dapat menumbuhkan wawasan peserta didik untuk belajar dan menyadari kegunaan dari sejarah bagi kehidupan sehari-hari sebagai individu maupun sebagai bangsa. Kegunaan belajar sejarah dari perspektif tujuan pembelajaran sejarah menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, sehingga pembelajaran sejarah peserta didik diharapkan memiliki pengetahuan, penghayatan, dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai sejarah yang mereka pelajari.

 Gambar Infografis karya peserta didik menggunakan aplikasi Canva pada materi kerajaan Hindu Buddha di Indonesia

Read more: PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

EKSTRAKURIKULER SISPALA SABUGA

SISPALA SABUGA merupakan ekstrakurikuler berasal dari kata SISPALA yang berarti  Siswa Pecinta Alam sedangkan SABUGA yaitu Sangga Buana Galuh.

SISPALA SABUGA merupakan wadah bagi siswa/i SMAN 1 PANAWANGAN untuk para pecinta alam serta peduli terhadap pelestarian lingkungan. Ekstrakurikuler SISPALA SABUGA SMAN 1 PANAWANGAN ini dibina oleh Bapak Asep M. Ramdhan dan beranggotakan 40 orang.

Pada tanggal 29 September 2022 dilaksanakan kegiatan tahunan yaitu DIESNATALIES SABUGA yang bertujuan untuk memperingati hari jadi SABUGA yang ke-9. Kegiatan DIESNATALIES SABUGA ini dilaksanakan di aula SMAN 1 PANAWANGAN. Seharusnya kegiatan ini berlangsung secara outdoor , namun dikarenakan cuaca yang tidak mendukung akhirnya kegiatan ini berlangsung secara indoor. Tetapi meskipun ada hambatan, kegiatan tetap berjalan sesuai konsep. Bapak Asep M. Ramdhan selaku pembina menyampaikan sambutan sebagai berikut "SISPALA SABUGA merupakan ekstrakurikuler yang berdiri sejak 29 September 2013. Ide pembentukan organisasi pelopor pecinta alam di sekolah ini di cetuskan oleh 10 dewan pendiri SISPALA SABUGA, yang diketuai oleh Pujitio Sentoso (SBG.I.001.PDR) dan dikehendaki oleh pembina pertama yaitu Alm. Bpk. Supendi. Melihat situasi dan kondisi di SMAN 1 PANAWANGAN pada waktu itu tidak ada organisasi pecinta alam, Tio dan 9 orang anggota lainnya mengusulkan untuk membentuk suatu organisasi yang bisa menjadi wadah berkumpulnya siswa/i yang memiliki hobi petualangan, serta menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan minatnya di organisasi Pecinta alam, terutama untuk membentuk jiwa manusia yang sadar akan lingkungan." Itulah sambutan yang telah di berikan oleh Bapak Asep M. Ramdhan, dan kegiatan ini banyak mendapatkan ucapan selamat dari setiap ekstrakurikuler.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

 SISPALA SABUGA juga mengadakan acara pada tanggal 8 Oktokber yang berlangsung pada pukul 15.00 sd 22.00  dengan tujuan memeriahkan hari jadi SABUGA yang ke-9. Acara ini juga dimeriahkan oleh ekstrakurikuler lainnya seperti, ekstrakurikuler kesenian yang menampilkan teater dan seni tari.

 

Penulis:-Puzi Nurulhabibah

           -Nuri Hallisbaya

           -Zahira Annisa Fitri

           -Khaliza Zain Zahra 

PERINGATAN MAULID NABI SMAN 1 PANAWANGAN

Jumat,7 oktober 2022 SMAN 1 PANAWANGAN menggelar acara dalam rangka memperingati maulid nabi tahun 1444 H. Acara ini diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci al-Quran serta sholawat oleh saudara Eki Nurzaman dilanjutkan dengan ceramah dari Ustadz Elon suparlan dan lomba menyanyi lagu religi antar kelas.

kegiatan ini diselenggarakan di lapangan SMAN 1 PANWANGAN yang dihadiri dan di saksikan oleh seluruh warga sekolah. 

 

Read more: PERINGATAN MAULID NABI SMAN 1 PANAWANGAN

Search

Popular Tags

Vinaora Visitors Counter

082933
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
13
64
318
81982
1908
2927
82933

Your IP: 3.236.207.90
2023-03-23 03:53