Sunday, 01 December 2024

PENINGKATAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI KECERDASAN BUATAN (AI : ARTIFICIAL INTELLIGENCE) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA

Pada era digital saat ini, internet dan kecerdasan buatan (AI) dapat memberikan manfaat signifikan bagi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Namun ada tantangan yang harus dihadapi dan strategi yang perlu digunkan untuk meningkatkan akses internet serta memanfaatkan alat – alat tersebut secara efektif.

AI (Artificial Intelligence) dikenal sebagai teknologi yang memiliki potensi besar untuk mengubah kehidupan manusia di masa depan. Saat ini AI telah banyak digunakan di berbagai aplikasi seperti Wordwall, Siri, Google Assistant, dan AI Chatbot, Duolinggo dan Quizlet dan lain sebagainya, teknologi AI ini memiliki potensi besar untuk memajukan berbagai bidang terutama bidang pendidikan.

 

Mneurut Abimanto dan Mahendro (2023) Untuk meningkatkan hasil pembelajaran, AI harus dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa. Penelitian ini meningkatkan pemahaman kita tentang penggunaan AI dalam pembelajaran bahasa dan menunjukkan potensi besar AI untuk mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan fleksibel.

Manfaat Penggunaan Internet berbasis AI bagi siswa dalam belajar Bahasa Inggris

1. Peluang Pembelajaran Multidimensi

Dengan akses internet berbasis AI, siswa dapat mengakses berbagai sumber belajar Bahasa Inggris, seperti video, e-book, dan kursus online, yang membuka peluang pembelajaran yang lebih luas

2. Interaksi Sosial

Internet berbasis AI memungkinkan siswa mendapatkan pengalaman interaksi sosial dengan siswa lain dari berbagai daerah, baik lokal maupun internasional, yang membantu meningkatkan kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris.

3. Peningkatan Motivasi

Dengan adanya digital resources yang menarik dan  interaktif, siswa di menjadi lebih termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris. Tantangan yang dihadapi siswa dalam mengakses aplikasi AI untuk belajar bahasa Inggris diantaranya :

-          Keterbatasan akses

Infrastruktur yang kurang memadai menjadi hambatan utama dalam mengakses internet/ dan menggunakan AI dengan lancar.

-          Keterbatasan Ketersediaan  Alat

Banyak siswa di pedesaan tidak memiliki akses ke alat seperti laptop atau smartphone yang diperlukan untuk memanfaatkan internet/AI.

-          Keterbatasan pengetahuan Teknologi

Siswa seringkali menghadapi kesulitan dalam menggunakan perangkat internet atau alat AI karen kurangnya pemahaman atau keterampilan teknologi.

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan akses AI untuk belajar Bahasa inggris : Tingkat pemerintah agar mendorong pembangunan infrastruktur internet yang lebih baik secara merata diseluruh Indonesia dan termasuk di daerah terpencil, Penguatan Fasilitas sekolah dengan memberikan akses internet yang terjangkau dan alat – alat teknologi yang dibutuhkan di sekolah – sekolah pedesaan, mengadakan kolaborasi dengan pihak swasta untuk menyediakan layanan internet yang terjangkau dan alat AI untuk keperluan pendidikan.

Sumber daya digital untuk belajar bahasa inggris yang tersedia diantaranya E-book dimana e-book menyediakan akses ke buku – buku digital dalam bahasa Inggris dengan berbagai tingkat kesulitan, aplikasi mobile yang interaktif dan menyenangkan untuk membantu siswa memperkuat kemapuan Bahasa Inggris, vidio tutorial pembelajaran yang mendemonstrasikan pengucapan dan percakapan dalam bahasa inggris secara visual dan interaktif.

Agar penggunaan aplikasi kecerdasan buatan (AI) menjadi lebih efektif, siswa perlu memperhatikan hal – hal seperti pengaturan waktu belajar secara teratur dan fokus,  memilih sumber belajar yang terpercaya dan relevan, memanfaatkan fitur interaktif yang disediakan oleh alat – alat AI, mengukur kemmpuan kemajuan dengan melakukan evaluasi diri secara berkala. Menurut Subiyanto, Hartono dan Fitriati (2021) bahwa generasi millennial sudah terbiasa menggunakan berbagai jenis aplikasi kecerdasan buatan (AI) secara otodidak dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti mempelajari Bahasa Inggris di semua jenjang. Ini membuka peluang dan tantangan bagi guru dan dosen Bahasa Inggris masa depan.

Dengan demikian siswa di seluruh wilayah memiiki kesempatan yang sama dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka, membuka pintu untuk masa depan yang lebih cerah. AI membantu menjembatani kesenjangan antara desa-kota dan membangun generasi yang inklusif. Oleh karena itu, guru dan dosen Bahasa Inggris senantiasa meningkatkan melek teknologi (Digital literacy) terutama kecerdasan buatan (AI) agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan siswa dalam belajar Bahasa Inggris di masa depan. Jika guru dan dosen Bahasa Inggris tidak selalu meningkatkan literasi digital maka kecerdasan buatan akan menggantikan guru dan dosen Bahasa Inggris di masa yang akan datang.

 

Penulis : Linda Jumiati, S.Pd.

SMA NEGERI 1 PANAWANGAN

Referensi :

-          https ://menpan.go.id/site/menilik-pemanfaatan-artificial-inteligence-dalam-taransformasi-digital

-          https://teknokrat.ac.id/opini-mengapa-pembelajaran-bahasa-inggris -perlu-me

Abimanto, D, Mahendro,I.(2023). Efektifitas Penggunaan Teknologi AI Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sinar Dunia : Jurnal Sosial Humaniora dan Ilmu Pemdidikan. Vol.2 No.2 Juni 2023

-          https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/download/844/714mnfaatkan-artificial-intelligence/

-          Subiyantoro,H, Hartono, R, Fitriati,S (2021) Dampak Kecerdasan Buatan (AI) terhadap Pengajaran Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi: Tantangan dan Peluang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana

-          Universitas Negeri Semarang. ISSN 26866404

-          https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/download/2146/1629/5613

Search

Popular Tags

Vinaora Visitors Counter

148616
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
72
167
720
147095
72
2875
148616

Your IP: 18.97.14.84
2024-12-01 20:19