Thursday, 18 April 2024

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MODEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

            Zaman semakin maju yang membuat aspek-aspek dalam kehidupan ikut berubah. Majunya zaman ikut membawa dampak pada pembelajaraan. Pembelajaran yang dulunya hanya berorientasi pada guru (teacher center) kini beralih ke pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Hal ini membuat peran guru dalam proses pembelajaran juga mengalami pergeseran yang dulunya guru memegang kendali penuh dalam pembelajaran sebagai pemberi informasi utama sekarang berkembang sebagai fasilitator sekaligus motivator.

Pemberian motivasi kepada peserta didik sangat penting. Hal ini karena terdapat korelasi antara motivasi dengan hasil belajar siswa. Terdapat korelasi antara motivasi dengan hasil belajar siswa. Menurut Sadirman apabila motivasi belajar tinggi maka prestasi belajar siswa ikut akan meningkat. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Untuk itu, guru harus berupaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan harapan dapat menghasilkan kader pendidikan yang mempunyai prestasi yang maksimal. Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut kreatif membangkitkan motivasi sehingga siswa merasa senang dan pembelajaran menjadi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Berbagai cara yang dapat di tempuh untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa salah satunya adalah penggunaan model dalam pembelajaran. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik hasrat dan keinginan berhasil serta dorongan kebutuhan belajar dan harapan dan cita-cita. Faktor eksternalnya yaitu adanya penghargaan, lingkungan yang kondusif dan kegiatan yang menyenangkan serta menarik. Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada peserta didik yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku.

Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menantang peserta didik untuk belajar bagaimana belajar, dan bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata (Arends & Kilcher, 2010). Pembelajaran berbasis masalah meliputi pengajuan pertanyaan atau masalah, memusatkan pada keterkaitan antar disiplin, penyelidikan asli/autentik, kerjasama dan menghasilkan karya serta peragaan.

Penggunaan model dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor ekstrinsik yang dapat menumbuhkan motivasi dalam diri siswa. Hal ini terbukti dari hasil penelitian ilmiah Pemanfaatan Model PBL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Panawangan. Bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Panawangan.

Sumber : https://pantura.tribunnews.com/

 

Berdasarkan permasalahan yang ada di SMAN 1 Panawangan, ingin memanfaatan model pembelajaran berbasis teknologi (website) yaitu Kahoot! sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bentuk dari Kahoot ini adalah aplikasi yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran daring. aplikasi kahoot ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena berisikan materi pelajaran dalam bentuk soal yang memungkinkan dapat meningkatkan wawasan siswa dan pengetahuannya mengenai pelajaran.

Menurut Nokham model pembelajaran Kahoot! Mampu membuat siswa menjadi lebih konsentrasi, membantu siswa untuk bekerja sama, membuat siswa nyaman dalam belajar dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Kahoot! Merupakan laman website yang mampu mengedukasi siswa. Menurut Rafnis Kahoot! Pada mulanya diinisiasi oleh Johan Brand, Jamie Broker, dan Morten Vervik disebuah join project dengan Norwegian Unoversity of Technology and Science pada bulan maret 2013 yang kemudian dipublikasikan pada bulan Setember 2013. Terhitung hingga saat ini terdapat 70 juta pengguna aktif yang merupakan pengajar menggunakan Kahoot! dan terdapat 1,6 milyar peserta didik yang menggunakan permainan Kahoot.

Aplikasi pembelajaran Kahoot! ini merupakan aplikasi permainan yang dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok. Akses untuk masuk ke laman website Kahoot! dapat dilakukan dengan gratis dengan mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu lalu setelah itu, semua fitur yang berada didalam Kahoot! dapat digunakan. Fitur yang disediakan oleh Kahoot! berupa kuis online, survey, diskusi dan jumble. Penunjang pembelajaran seperti Kahoot! ini memerlukan akses internet untuk dapat terhubung dengan menggunakan alat seperti computer atau smarphone sebagai modelnya. Namun walaupun demikinan model ini sangat menarik karena menarik dan memunculkan daya bersaing antar siswa karena menggunakan sarana teknologi. Hal tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Azhar Arsyad, 2013 pembelajaran dengan komputer dapat membuat siswa lebih terangsang untuk mengerjakan berbagai latihan soal karena penampilannya yang menarik seperti terdapat animasi, ilustrasi grafik, dan warna yang menambah realisme.

Berdasarkan data yang di peroleh oleh saya sebagai guru TIK di SMA N 1 Panawangan ini, sangat lah penting penggunaan apliasi berbasis kahoot dalam pembelajaran di masa sekarang ini dan kelebihan dari penggunaan model berbasis kahoot bisa meningkatkan hasil belajar.

 

Daftar Pustaka

Sadiman, Arief S, dkk, 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arends, R. I. and Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning : Becoming an accomplished teacher. Oxon : Routledge.

Nokham, Y. C. R. 2017. The Effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the Student’s Perception in the Classrooms Response System, Econ. Sustain. Growth, ICDAMT.

 

Rafnis, R. (2019). Pemanfaatan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

 

Penulis : Erliadi Fatwa Rahmi, S.Kom.

Guru TIK SMA NEGERI 1 Panawangan

 

Search

Popular Tags

Vinaora Visitors Counter

114584
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
79
70
733
113065
2608
2597
114584

Your IP: 3.145.130.31
2024-04-18 18:24