PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

Sejarah merubah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia yang benar-benar terjadi di masa lampau. (Rini Mardikaningsih, 2016). Pembelajaran sejarah merupakan salah satu sarana strategis dalam pewarisan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi muda yaitu peserta didik, atau dapat dikatakan bahwa sejarah memiliki fungsi untuk membangun mental peserta didik sebagai generasi bangsa.

Pembelajaran sejarah diharapkan dapat menumbuhkan wawasan peserta didik untuk belajar dan menyadari kegunaan dari sejarah bagi kehidupan sehari-hari sebagai individu maupun sebagai bangsa. Kegunaan belajar sejarah dari perspektif tujuan pembelajaran sejarah menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, sehingga pembelajaran sejarah peserta didik diharapkan memiliki pengetahuan, penghayatan, dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai sejarah yang mereka pelajari.

 Gambar Infografis karya peserta didik menggunakan aplikasi Canva pada materi kerajaan Hindu Buddha di Indonesia

 Guru memiliki peran penting dalam pembelajaran sejarah karena sebagai tenaga pendidik diharapkan akan menggerakan unsur-unsur yang ada pada pembelajaran sejarah. Guru harus mampu menghadirkan sesuatu yang baru baik terkait dengan model, strategi, metode, sampai pada penggunaan media pembelajaran yang tepat dengan kondisi hari ini. Guru harus mampu membawa peserta didik ke pengalaman masa lalu kehidupan manusia Indonesia karena memang karakteristik dari pembelajaran sejarah yang diakronis (melebar pada waktu) memerlukan suatu strategi untuk dapat mengubah paradigma pembelajaran sejarah yang membosankan menjadi pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik

Umumnya peserta didik akan lebih tertarik terhadap pelajaran sejarah apabila berhubungan dengan situasi nyata di sekitarnya, sehingga peserta didik dapat menggambarkan suatu peristiwa masa lalu seperti dalam pelajaran sejarah. Kondisi nyata di sekitar peserta didik dapat digunakan guru sebagai cara untuk menggambarkan atau mengantarkan suatu peristiwa sejarah, dalam pembelajaran salah satu metode mengajar yang baik, efektif, serta mengikuti perkembangan teknologi adalah dengan adanya media pembelajaran sebagai rujukan dari belajar mengajar. Adanya media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar, membuat guru juga peserta didik menerapkan pembelajaran dengan penguasaan keterampilan baru, menciptakan sesuatu dalam pengaplikasian media pembelajaran.

Pembelajaran sejarah terkadang dianggap pelajaran yang membosankan sehingga guru perlu menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran yang berorintasi pada peserta didik, contohnya seperti model Problem Based Learning (PBL) atau model Project Based Learning (PjBl). Meskipun model pembelajaran ini berorientasi pada peserta didik, akan tetapi tidak akan menghilangkan peran guru dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan guru harus menjadi fasilitator  yang akan membimbing dan memonitor peserta didik.

Media pembelajaran adalah segala sesuatu baik berupa fisik maupun teknis dalam proses pembelajaran yang dapat membantu guru untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan (Tafanao, 2018). Media pembelajaran sangat diperlukan untuk menunjang suatu pendidikan. Media yang disajikan pada masa ini lebih mengedepankan teknologi dan komunikasi untuk diimplementasikan di ranah-ranah pendidikan.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi pada saat ini tidak bisa terlepas pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Tuntunan global menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi sebagai peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan kinerja pendidikan pada masa mendatang diperlukannya sistem informasi dan teknologi informasi yang mana tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi sebagai senjata utama untuk mendukung keberhasilan dunia pendidikan sehingga mampu bersaing dalam dunia global (Budiman, 2017).

Salah satu dari banyaknya aplikasi yang telah hadir dalam dunia teknologi adalah Canva. Canva adalah program desain online yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentasi, resume, poster, brosur, grafik, infografis, dan lain sebagainya. Adapun jenis-jenis presentasi yang ada pada Canva seperti presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lain sebagainya.

Aplikasi Canva menyediakan ruang belajar untuk setiap guru dalam melaksanakan suatu pembelajaran dengan mengandalkan media pembelajaran . Media yang menyediakan lebih banyak template menarik untuk menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Banyak contoh yang dapat digunakan guru dalam aplikasi Canva untuk disajikan kepada peserta didik, salah satunya adalah berbagai template untuk disajikan dalam power point, serta membuat video pembelajaran yang menarik.

Pemanfaatkan template power point dalam Canva tidak hanya untuk guru saja, tetapi juga dapat digunakan oleh peserta didik apabila ingin menyampaikan materi yang diharuskan menggunakan power point. Keuntungan yang didapatkan adalah mendapat ilmu dalam pembelajaran, peserta didik juga belajar untuk terampil, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan suatu pelajaran atau materi yang di pelajari.

Kelebihan aplikasi Canva yaitu:

1.  Memudahkan seseorang dalam membuat desain yang di inginkan atau diperlukan

2.  Memudahkan seseorang dalam membuat suatu desain yang sudah disediakan

3. Aplikasi Canva mudah dijangkau disemua kalangan karena bisa didapat melalui gawai atau

    laptop

Kekurangan aplikasi Canva yaitu:

 1. Aplikasi Canva mengandalkan jaringan internet yang cukup dan stabil

 2. Dalam aplikasi Canva terdapat template, stiker, ilustrasi, font, dan lain sebagainya secara

      berbayar.

Guru sebaiknya berperan aktif untuk mengembangkan media yang dapat digunakan dalam suatu pembelajaran, dengan melihat keadaan situasi dan kondisi peserta didik. Guru juga dianjurkan untuk memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik dan materi yang akan disampaikan.

Aplikasi Canva dapat digunakan atau dipakai melalui gawai ataupun laptop, sehingga dapat memudahkan guru dan peserta didik untuk menggunakanya, sehingga diharapkan dapat menarik perhatian dan minat dalam belajar dengan penyajian bahan ajar atau materi yang menarik.

Pemanfaatan aplikasi Canva dalam pembelajaran zaman sekarang sangat baik dan sangat berpengaruh pada proses, motivasi dan hasil pembelajaran siswa. Hal ini terbukti dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMAN 1 Panawangan yaitu dengan membuat infografis pada materi jenis-jenis manusia purba, peninggalan masa praaksara,  bukti-bukti peninggalan masa kerajaan Hindu Buddha dan islam. Peserta didik membuat infografis disertai dengan gambar-gambar, warna, suasana, serta simbol-simbol lainnya yang dapat dimanfaatkan melalui desain pada aplikasi Canva, sehingga lebih menarik dan bisa membuat peserta didik lebih kreatif, lebih interaktif dalam kegiatan pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Mardikaningsih, Rini. 2016. Sejarah untuk kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu

         Sosial. Solo: PT Wangsa Jatra Lestari.

 

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-

        Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8(I), 31–43.

 

Tafonao, Talizaro. 2018. Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar

        Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2(2), 104–105.

 

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menggunakan-canva/

Penulis: Reni Sumiati, S.Pd

Guru Sejarah SMAN 1 Panawangan