Tuesday, 10 December 2019

SMARTREN

 

Siswa SMAN 1 Panawangan sudah tidak asing lagi dengan istilah Smartren. Itu kalo yang tahu, ada juga yang mungkin tidak tahu. Yuk simak baik-baik tentang penjelasan smartren ini. karena anak milenial itu Ramadhannya di Smartren bukan di Smartphone.

  

Kegiatan Smartren di Aula SMA N 1 Panawangan.

Simak penjelasan lain tentang Smartren.

Siswa Belajar di Pesantren (smartren) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia di kalangan siswa SMA, SMK dan SLB serta menumbuhkan sikap serta nilai-nilai luhur kepesantrenan di lingkungan sekolah

Smartren menjadikan siswa menjadi seorang santriwan-santriwati, baik itu dengan sistem siswa yang memasuki pesantren ataupun sekolah yang dijadikan pesantren dengan cara mengundang ulama-ulama sebagai pendidik agama.

 

Jadi,di sini itu kita bisa pintar ilmu agama contohnya ngaji,do'a-do'a,sholat,baca tulis qur’an,dan berbagai ilmu dakwah yang di sampaikan oleh ustad-ustad yang ganteng😄 Iyalah ustadkan cowo😁. Kalo ustadzah baru bisa di sebut cantik.

 

Disini kita diajarkan untuk menahan amarah saat perut meraum-raum kelaparan,mata yang lelah ingin tidur, mulut yang terus saja menguap membesar bagaikan gua hiro😂,badan pegel-pegel merindukan empuknya kasur di rumah. Semuanya bercampur kaya es campur di pinggiran jalan yang menggoda iman😂.

 

SmartTren ini di adakan pada bulan Ramadhan tahun 1440 H, mulai dari tanggal 14-31 Mei 2019/9-26 Ramadhan. Bertempat di sekolah kita tercinta SMAN 1 Panawangan. Acara ini memakai musholla SMA untuk sholat, ruang Aula SMA untuk acara umum, ruangan kelas untuk tempat kelas khusus (A) dan dasar (B).

 

Setelah, dilakukan pengecekan pada kegiatan pra-smartren, siswa di pisahkan menjadi empat kelas, yaitu dua kelas A untuk putra dan putri terpisah untuk kelompok mahir, dan dua kelas B untuk putra dan putri terpisah untuk kelompok belum mahir

 

Di kelas A dan B yang dipelajari : Makhorijul huruf, BTQ, tajwid, hafalan, do'a-do'a, hafalan juz'ama, dan qiro'at, dengan tingkat kedalaman materi yang berbeda. Diakhir kegiatan Smartren ini akan di lakukan tes kembali untuk mengetahui perkembangan siswa setelah mengikuti kegiatan Smartren.

 

Sebagai tanda bukti telah mengikuti kegiatan ini, nantinya setiap siswa yang mengikuti serangkaian kegiatan akan mendapatkan tanda bukti berupa sertifikat dengan nilai nya masing-masing sesuai dengan kemampuannya dalam hal keagamaan.

 

Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan berkah bagi kita semua. semoga di tahun depannya lagi kita dapat bertemu lagi dengan bulan Ramadhan dan mengisinya dengan kegiatan yang sangat bermanfaat seperti Smartren kali ini.

Putri Ubi, Panawangan

Senin, 21 Mei 2019

 

Search

Popular Tags

Vinaora Visitors Counter

005678
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
5
180
202
5327
351
1877
5678

Your IP: 3.94.129.211
2019-12-10 10:01